Zarco dan Morbidelli Akan Dipanggil FIM Terkait Insiden MotoGP Austria 2020

By Delia Mustikasari - Rabu, 19 Agustus 2020 | 11:30 WIB
Pembalap Reale Avintia, Johann Zarco (atas), menghampiri Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) seusai tabrakan pada balapan MotoGP Austria di Red Bull Ring, Minggu (16/8/2020). (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - Panel steward MotoGP Federasi Motosport Internasional (FIM) akan melakukan dengar pendapat dengan Franco Morbidelli dan Johann Zarco pada Kamis (20/8/2020) terkait insiden pada balapan MotoGP Austria 2020.

Selain Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) dan Johann Zarco (Reale Avintia), FIM juga memanggil Pol Espargaro (Red Bull KTM) dan Miguel Oliveira (KTM MotoGP Racing) yang juga terlibat kecelakaan pada balapan MotoGP Austria 2020 di Red Bull Ring, Minggu (16/8/2020).

Panel steward FIM MotoGP memanggil pembalap yang terlibat untuk lebih memahami keadaan setiap situasi, selain menganalisis rekaman video dari insiden.

Baca Juga: Valentino Rossi Disebut Ingin Pensiun Saat Motor Morbidelli Melayang di Depan Matanya

"Kami tidak mungkin menyelenggarakan semua audiensi pada akhir balapan MotoGP Austria," tulis pernyataan FIM dilansir BolaSport.com dari laman MotoGP.

"Anggota panel FIM MotoGP Steward yang terdiri dari Bill Cumbow, Freddie Spencer, dan Ralph Bohnhorst akan memanggil pembalap yang bersangkutan sesegera mungkin menjelang MotoGP Styria," ucap FIM.

Sebelumnya, Danilo Petrucci (Ducati) dan Aleix Espargaro (Aprilia Gresini) masing-masing menghadiri sidang pada Sabtu (15/8/2020) saat penyelenggaraan seri balap MotoGP Austria terkait aksi mereka pada kualifikasi 1 (Q1).

"Misi FIM adalah mendukung pembalap dan berkontribusi pada keselamatan dan pendidikan mereka, serta menerapkan sanksi apa pun yang diwajibkan oleh peraturan FIM," kata FIM.

Setelah kecelakaan serius pada MotoGP Austria, media Italia khususnya mengkritik keras fakta bahwa para panel MotoGP FIM diam tentang insiden tersebut. Pernyataan resmi dipublikasikan pada Selasa (18/8/2020) malam.

Ketiga steward FIM mulai mendengarkan para pembalap yang terlibat setelah beberapa insiden pada dua Grand Prix terakhir di Sirkuit Brno dan Red Bull Ring, Spielberg.