Jawaban Menpora Terkait Isu Naturalisasi Pemain Asal Brasil untuk Timnas U-19 Indonesia

By Wila Wildayanti - Sabtu, 22 Agustus 2020 | 10:45 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali, memberikan keterangan kepada awak media mengenai kabar terkini Piala Dunia U-21 2021 di Lobby Belakang Kemenpora, Senayan, Jakarta, 6 Agustus 2020. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Setelah heboh isu naturalisasi pemain asal Brasil untuk timnas U-19 Indonesia, akhirnya Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, memberikan respons terkait kabar tersebut.

Berkembang isu bahwa pemain-pemain baru asal Brasil yang diperkenalkan tiga klub Liga 1 tersebut diproyeksikan PSSI untuk timnas U-19 Indonesia.

Lima pemain yang menyebar di Arema FC, Persija Jakarta, dan Madura United itu kabarnya akan dinaturalisasi dan bakal memperkuat timnas U-19 Indonesia pada Piala Dunia U-20 2021.

Isu naturalisasi sangat kuat setelah ada pernyataan dari Presiden Madura United, Achsanul Qosasi, yang mengatakan pemain yang ada di timnya tersebut diproyeksikan untuk Piala Dunia U-20 2021.

Baca Juga: Bos Ducati Beri Bocoran Murid Valentino Rossi Bisa Gantikan Andrea Dovizioso

Pernyataan itu semakin diperkuat pelatih Persija Jakarta, Sergio Farias, yang menyebut bahwa dua pemain asing yang ada di klubnya adalah bagian dari program PSSI.

Dari Arema FC menyebut bahwa para pemain asal Brasil itu adalah program jangka panjang klub dengan target nantinya akan dinaturalisasi.

Menyusul pernyataan-pernyataan tersebut, PSSI langsung memberikan tanggapan bahwa kedatangan lima pemain itu tak ada hubungannya dengan federasi.

Namun, sampai saat ini isu naturalisasi itu terus mendapatkan respons pro dan kontra dari berbagai kalangan.