MotoGP Styria 2020 - Valentino Rossi Kriitk Keras Race Steward

By Lariza Oky Adisty - Senin, 24 Agustus 2020 | 12:50 WIB
Aksi pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, ketika melakoni sesi latihan bebas MotoGP Styria di Red Bull Ring, Austria, 21 Agustus 2020. (YAMAHA MOTOR RACING SRL)

BOLASPORT.COM - Pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP, Valentino Rossi, kembali mengritik kinerja race steward usai menjalani balapan MotoGP Styria 2020 di Red Bull Ring, Spielberg, Austria, Minggu (23/8/2020).

Valentino Rossi mengritik sikap race steward yang tidak memberi penalti kepada pembalap Red Bull KTM, Pol Espargaro, karena melewati track limit pada tikungan terakhir.

Kondisi itu terjadi saat Pol Espargaro terlibat persaingan sengit dengan pembalap Pramac Racing, Jack Miller.

Kedua pembalap tersebut saling tancap gas dan melancarkan serangan demi finis di urutan terdepan.

Namun, kesalahan yang mereka lakukan pada akhirnya malah memberi kesempatan kepada pembalap KTM Tech 3, Miguel Oliveira, untuk melakukan double overtake dan memenangi balapan MotoGP Styria 2020.

Baca Juga: MotoGP Styria 2020 - Gagal Finis Pertama, Pol Espargaro Tetap Puas

"Situasi ini di luar kendali. Menurut saya setiap kali Anda melewati area hijau sirkuit, Anda harus mundur satu posisi untuk mendapat penalti," kata Rossi, dilansir BolaSport.com dari GP One.

"Area limit tersebut membuat trek lebih aman, tetapi seharusnya ada pembatas atau rumput," tutur dia melanjutkan.

Lebih lanjut, pembalap Italia berjulukan The Doctor itu meminta para race steward bisa satu suara dalam menyikapi kejadian serupa di masa depan.

"Saya tahu para race steward berada dalam tekanan setelah kecelakaan Johann Zarco dan Franco Morbidelli (pada balapan MotoGP Austria 2020)," ucap dia.