Soal Cedera Ernando Ari, Dokter Timnas Indonesia Pernah Dimarahi Asisten Shin Tae-yong

By Hugo Hardianto Wijaya - Rabu, 2 September 2020 | 06:30 WIB
Kiper timnas U-19 Indonesia, Ernando Ari, saat melakukan swab test di Jakarta (PSSI)

BOLASPORT.COM - Pelatih kiper Persebaya Surabaya, Benny van Breukelen, menyebut bahwa dokter timnas Indonesia pernah dimarahi oleh asisten Shin Tae-yong terkait cedera Ernando Ari Sutaryadi.

Kiper muda Persebaya Surabaya, Ernando Ari Sutaryadi, harus mengalami nasib malang saat menjalani pemusatan latihan timnas U-19 Indonesia di Jakarta pada Agustus lalu.

Pemain 18 tahun tersebut mengalami cedera bahu yang cukup parah hingga membuatnya harus dioperasi dan beristirahat selama kurang lebih empat bulan.

Baca Juga: Alasan Persik Kediri Lepas Ante Bakmaz dan Nikola Asceric

Pelatih kiper Persebaya Surabaya, Benny van Breukelen, menilai bahwa penyebab anak asuhnya mengalami cedera adalah buruknya komunikasi dari dokter timnas Indonesia.

Sebab, sebetulnya Ernando telah mengalami cedera sejak berlatih di Thailand pada Januari 2020.

Sayangnya, dokter timnas Indonesia tidak segera menyarankan Ernando untuk dioperasi sehingga dirinya malah mengalami cedera yang lebih parah.

Baca Juga: Hasil Simulasi Piala Thomas 2020 - Reza/Sabar Bawa Tim Banteng Samakan Kedudukan

"Pulang dari Thailand itu dia mestinya operasi, kalau waktu itu dioperasi, sekarang sudah gak ada masalah, istirahatnya sudah cukup," kata Benny dilansir Bolasport.com dari Tribun Jatim.

Benny menambahkan bahwa dokter timnas Indonesia bahkan sempat dimarahi oleh asisten Shin Tae-yong, Kim Hae-woon, yang menjadi pelatih kiper.