Sebulan Jelang Piala Thomas dan Uber 2020, Atlet Pelatnas PBSI Jalani Tes Covid-19

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Jumat, 4 September 2020 | 13:50 WIB
Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menggelar swab test bagi seluruh atlet di Pelatnas Cipayung, Jakarta, 4 September 2020. (BADMINTON INDONESIA)

BOLASPORT.COM - Sebulan menjelang Piala Thomas dan Uber 2020, PP PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Indonesia) menggelar swab test bagi seluruh atlet pelatnas.

PBSI terus berupaya untuk menjamin kesehatan para atlet pelatnas di tengah mewabahnya pandemi covid-19 atau virus corona.

Selain menerapkan karantina mandiri, PBSI juga menggelar tes covid-19 secara berkala di lingkungan Pelatnas Cipayung, Jakarta.

PBSI sudah melakukan tes sebanyak empat kali pada Maret hingga Juli. Jonatan Christie dkk. menjalani tes untuk kelima kalinya pada Jumat (4/9/2020).

Baca Juga: Dibandingkan Indonesia, Malaysia Cuma Tim Kuda Hitam di Piala Thomas 2020

Tes covid-19 di Pelatnas Cipayung menggunakan metode yang barbeda. Sebelumnya memakai rapid test, PBSI mengadakan swab test demi mendapat hasil yang lebih akurat.

"Kami ingin memastikan atlet-atlet pelatnas terbebas Covid-19," kata Sekretaris Jenderal PBSI, Achmad Budiharto, dikutip BolaSport.com dari Badmintonindonesia.org.

"PBSI memang secara kontinu mengadakan test. Setelah empat kali rapid test, yang kelima ini menggunakan swab test yang hasilnya lebih akurat."

Budiharto mengaku bahwa biaya untuk melakukan swab test tidak murah. Meski begitu, PBSI berencana untuk tetap melakukannya secara berkala.

Baca Juga: Rekap Simulasi Piala Thomas 2020 - Tim Jonatan, Fajar/Rian, dkk Menang Sempurna