Mike Tyson Ternyata Bukan Juara Dunia Termuda dalam Sejarah Tinju

By Delia Mustikasari - Senin, 7 September 2020 | 06:30 WIB
Dua petinju legendaris, Mike Tyson (kiri) dan Muhammad Ali (kanan). (TWITTER.COM/BADLEFTHOOK)

BOLASPORT.COM - Legenda tinju dunia kelas berat, Mike Tyson disebut menjadi petinju termuda yang meraih gelar juara dunia. 

Sekarang, ketika banyak penggemar tinju membicarakan Mike Tyson, mereka mengatakan bahwa dia adalah juara dunia termuda dalam sejarah. Hal itu benar untuk satu hal.

Mike Tyson masih menjadi pria termuda yang memenangkan kejuaraan kelas berat, tetapi dia bukan petinju termuda yang memenangkan gelar juara dunia.

Baca Juga: Ini Rencana yang Disiapkan Mike Tyson Jelang Kembali Naik Ring

Kehormatan itu sebenarnya milik mantan juara dunia tiga divisi, Wilfred Benitez (Puerto Rico).

Muhammad Ali yang saat itu masih menggunakan nama Cassius Clay, baru berusia 22 tahun ketika pertama kali menjadi juara dunia kelas berat dunia dengan mengalahkan Sonny Liston pada 1964.

Floyd Patterson baru berusia 21 tahun ketika ia mengalahkan Archie Moore untuk memenangkan gelar pertamanya pada 1956.

Benitez memegang rekor sebagai petinju termuda yang memenangkan titel juara dunia kelas berat selama tiga dekade sampai Mike Tyson memenangkan gelar pertamanya pada usia 20 tahun. Saat itu, Tyson mengalahkan Trevor Berbick.

Pada 22 November 1986, dalam usia 20 tahun 145 hari, Tyson bertanding melawan juara kelas berat WBC Trevor Berbick yang sebenarnya adalah orang terakhir yang menghadapi Muhammad Ali.

Berbick telah memenangkan gelar tepat delapan bulan sebelumnya dengan kemenangan mutlak atas Pinklon Thomas.