Indonesia Tak Dapat Jatah Liga Champions Asia, PSSI: Tidak Masalah

By Wila Wildayanti - Jumat, 11 September 2020 | 22:45 WIB
Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, memberikan keterangan kepada awak media di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta Selatan, 29 Juli 2020. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

 

BOLASPORT.COM - Indonesia dipastikan tidak mendapatkan jatah di Liga Champions Asia musim 2021 meskipun hanya untuk sekedar tampil di babak kualifikasi.

Hal ini diungkapkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi, yang mengatakan tahun depan Indonesia tak akan bisa tampil di Liga Champions Asia.

Tak bisa tampil di Liga Champions Asia (LCA), tentu saja ini sebuah penurunan bagi sepak bola Indonesia.

Pasalnya, pada 2018 klub kasta tertinggi di Tanah Air pasti memiliki satu jatah untuk tampil walaupun hanya di babak kualifikasi.

Bukan karena Liga 1 2020 belum selesai atau akan berakhir akhir Februari 2021, tapi hal ini karena peringkat Liga 1 Indonesia mengalami penurunan dalam rangking terbaru Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Baca Juga: Jika Berhasil Tendang Gareth Bale, Real Madrid Akan Lakukan Hal Ini

Sebab biasanya, di akhir tahun atau akhir musim, AFC mewajibkan federasi mendaftarkan klub dan pemain yang bakal mewakili negaranya untuk tampil di Liga Champions Asia.

"Tentang jatah di Liga Champions Asia. Iya, memang benar Indonesia tidak mendapatkan jatah untuk tahun depan. Dan secara resmi ini akan disampaikan oleh AFC," kata Yunus Nusi yang disampaikan saat konferensi pers Liga 1 lewat zoom yang turut dihadiri BolaSport.com.

Dengan tak adanya jatah untuk tampil di Liga Champions Asia, tentu saja itu dapat berpengaruh ke pendaftaran pemain timnas Indonesia, daftar klub ataupun pemain Liga 1.