Sanksi Klub Langsung Dianggap Kalah jika Ada Suporter di Stadion Dinilai Lebih Berdampak

By Wila Wildayanti - Selasa, 22 September 2020 | 15:50 WIB
Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, bersama Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno (Mochamad Hary Prasetya/BolaSport)

BOLASPORT.COM - PT Liga Indonesia Baru (LIB) menilai regulasi soal klub Liga 1 yang dianggap langsung kalah jika ada suporter datang ke stadion akan lebih berdampak.

Untuk lanjutan Liga 1 2020 yang bakal bergulir di tengah pandemi Covid-19 ini memang digelar dengan beberapa aturan ketat yang diterapkan.

Terbaru, kabarnya PSSI dan PT LIB sedang merancang rgulasi untuk sanksi yang akan diberikan kepada klub apabila terdapat suporter yang berkeliaran disekitar stadion nantinya.

Sanksi yang akan diberikan yakni klub yang suporternya datang ke stadion untuk mendukung tim tertentu nantinya klub yang bersangkutan akan dianggap kalah walaupun dalam pertandingan mereka menang.

 Baca Juga: Dua Alasan Utama Thiago Silva Lanjutan Karier Bersama Chelsea

Hal itu dilakukan berdasarkan kesepakatan bersama dengan klub-klub Liga 1 yang turut hadir dalam manager meeting di Hotel Sheraton, Bandung, Senin (21/9/2020).

Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, mengatakan bahwa penerapan sanksi itu akan lebih berdampak dari pada sanksi dengan denda bentuk uang.

Sebab selama ini meski diterapkan sanksi dengan bentuk uang pun masih banyak yang melanggar, seperti larangan memakai flare dan yang lain sebagainya.

"Kalau cuma sanksi dalam bentuk uang itu seperti tidak mempan ataupun tak berdampak," kata Sudjarno kepada BolaSport.com, Selasa (22/9/2020).