Tanpa Marc Marquez, Honda Jadi Motor Paling Bapuk di Grid MotoGP 2020?

By Agung Kurniawan - Jumat, 2 Oktober 2020 | 15:05 WIB
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, memacu motornya pada sesi tes menjelang seri MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Spanyol, 15 Juli 2020. (HONDA RACING CORPORATION)

BOLASPORT.COM - Absennya Marc Marquez mampu menyulap performa Honda pada MotoGP 2020 dari yang sebelumnya selalu tampil garang kini tak ubahnya hanya sebagai bahan bulan-bulanan.

Honda menjalani musim yang berat nan panjang tanpa seorang Marc Marquez pada MotoGP 2020 ini, mereka tak bisa berbicara banyak setidaknya dalam delapan seri yang telah bergulir.

Bencana besar itu bermula saat Marc Marquez mengalami kecelakaan fatal yang membuat tulang lengannya patah pada balapan perdana musim ini di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Alhasil, dengan cedera serius tersebut membuat Marc Marquez harus menepi dari lintasan balap dan tak bisa membela Repsol Honda untuk waktu cukup yang lama.

Baca Juga: Tanpa Marc Marquez, Manajer Teknis Honda Merasa Timnya Masih Bagus

Di sisi lain, Alex Marquez selaku rekan setim belum juga mampu menunjukkan tajinya hanya untuk sekadar tampil kompetitif usai absennya rider berjuluk The Baby Alien tersebut.

Sejauh ini hasil terbaik yang diraih oleh Alex Marquez bersama Repsol Honda terjadi di Sirkuit Misano dalam seri MotoGP Emilia Romagna 2020 dengan finis di urutan ketujuh.

Jejak buram Honda pada musim ini kian terlihat saat tim arahan Alberto Puig itu berada di peringkat terbuncit alias di posisi ke-11 pada tabel klasemen sementara tim MotoGP 2020.

Repsol Honda yang kini juga diperkuat oleh Stefan Bradl sebagai pengganti Marc Marquez juga tidak bisa mengejar tim satelit mereka sendiri yakni LCR Honda yang berada di peringkat ketujuh.

Baca Juga: Pengamat MotoGP Ragukan Duet Marc Marquez-Pol Espargaro di Repsol Honda Musim Depan