Renault Akan Gantikan Honda sebagai Pemasok Mesin untuk Red Bull?

By Lariza Oky Adisty - Minggu, 4 Oktober 2020 | 13:40 WIB
Pembalap Red Bull Honda, Max Verstappen, menjadi pembalap tercepat pada sesi Kualifikasi Formula 1 2019, Minggu (27/10/2019) dini hari WIB. (F1)

BOLASPORT.COM - Renault terindikasi akan menggantikan posisi Honda sebagai pemasok mesin tim Red Bull untuk musim balap F1 2022 setelah Honda memastikan akan hengkang dari olahraga tersebut. 

Diberitakan BolaSport.com sebelumnya, Honda membuat pengumuman mengejutkan setelah memutuskan untuk mengakhiri proyek mereka di F1 setelah musim 2021.

Transformasi teknologi mobil dari tenaga fosil/karbon ke tenaga listrik menjadi salah satu alasan Honda menarik sumber daya mereka dari F1

Baca Juga: Red Bull Racing Tegaskan Komitmen di F1 meski Bakal Ditinggal Honda

Baik Red Bull dan Renault mulai mencari partner alternatif untuk musim 2022. Situasi ini pun membuka kemungkinan Renault menjadi pemasok mesin Red Bull

Dilansir BolaSport.com dari Motorsport, Lampiran 9 regulasi Federasi Automobil Internasional (FIA) mewajibkan tim manufaktur dengan partner memasok pesaing yang tak punya alternatif lain. 

Baca Juga: Bos Red Bull: Mercedes Harus Segera Siapkan Pembalap Cadangan

Sebagai komparasi, Mercedes musim depan akan punya empat pemasok tim, sementara Ferrari punya tiga. 

Meski demikian, Abiteboul mengatakan pihaknya dan Red Bull belum menemui kesepakatan apapun. 

"Saya pastikan belum ada percakapan apa-apa hingga tahap ini. Renault sadar akan peraturan FIA dan berniat menurutinya," kata dia.