Balapan Basah Diperkirakan Bakal Terjadi pada MotoGP Prancis 2020

By Diya Farida Purnawangsuni - Senin, 5 Oktober 2020 | 20:35 WIB
Momen saat Jack Miller (Pramac Racing) di depan Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) pada MotoGP Prancis 2019, Minggu (19/5/2019) (twitter.com/pramacracing)

BOLASPORT.COM - Balapan basah alias wet race diperkirakan bakal terjadi pada seri MotoGP Prancis 2020 yang akan berlangsung di Sirkuit Le Mans, 11 Oktober mendatang.

Andai perkiraan itu betul-betul terjadi, kejuaraan dunia MotoGP 2020 bakal merasakan balapan basah pertama sepanjang musim ini.

Kali terakhir MotoGP menggelar balapan basah ialah pada MotoGP Valencia 2018.

Selebihnya, rangkaian balapan MotoGP selalu berjalan di atas lintasan kering, meski terkadang hujan sempat turun sebelum balapan dimulai.

Seperti yang terjadi pada balapan MotoGP Republik Ceska 2019 di Automotodrom Brno.

Baca Juga: Kento Momota Batal 'Comeback', Denmark Open 2020 Kian Tak Menarik?

Meski balapan basah lebih berisiko, bos tim Tech3 KTM, Herve Poncharal, menilai momen tersebut bisa memberi gagasan baru terhadap motor yang dipakai serta para pembalap mereka.

"Sayangnya, saya mengecek ramalan cuaca dan sepertinya sepanjang pekan ini akan sangat, sangat basah, dan itu mengkhawatirkan," ucap Poncharal, dikutip dari Crash.

"Sejauh ini, kami belum mendapatkan balapan basah, jadi akan menarik melihat bagaimana motor bekerja pada kondisi tersebut, bagaimana kami bisa mengeksploitasi daya cengkeram ban basah dari Michelin, serta melihat sebagus apa Miguel (Oliveira) dan Iker (Lecuona) saat balapan basah."

"Ini bukanlah sesuatu yang menyenangkan untuk dihadapi, tetapi kami harus menghadapinya, kami akan mencoba mencatat data sebanyak mungkin dan menjadi sekompetitif yang kami bisa. Di luar itu, tidak banyak yang dapat dibicarakan. Balapan di Le Mans selalu sengit dan seharusnya tahun ini juga tak berbeda," kata Poncharal lagi.