Menpora Akui Selektif untuk Memproses Naturalisasi Pemain Asing

By Lariza Oky Adisty - Selasa, 6 Oktober 2020 | 15:05 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali, bersama Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memberikan keterangan kepada awak media selepas menjadi narasumber dalam forum diskusi FMB9 Kemenkominfo yang membahas Haornas 2020, di Auditorium Wisma Kemenpora RI, Senayan, Jakarta, Selasa ( (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali, menyebut pihaknya akan lebih selektif memproses permohonan naturalisasi atlet sebelum memberi rekomendasi ke Kementerian Hukum dan HAM. 

Dikutip BolaSport.com dari Antara, Zainudin Amali mengatakan permohonan naturalisasi harus diajukan berdasarkan kepentingan mendesak. 

Nama atlet yang diusulkan pun harus yang bisa memberi kontribusi untuk peningkatan prestasi tim olahraga Indonesia. 

"Ini yang akan jadi pedoman ketika ada permohonan naturalisasi. Kami tidak akan langsung merekomendasikan ke Kemenkumham," kata Zainudin. 

Baca Juga: Marc Klok Belum Sah Jadi WNI, Kemenpora Jelaskan Proses Naturalisasi

Ia menjadikan pengalaman sebelumnya sebagai acuan, yaitu saat atlet yang permohonan naturalisasinya dikabulkan justru tak menunjukkan kontribusi positif. 

Karena itulah, Zainudin meminta setiap cabang olahraga memonitor perkembangan atlet naturalisasi.

"Kemenpora meminta cabor memonitor atlet yang sudah kami setujui proses kewarganegaraannya. Gunanya untuk memonitor perkembangan apakah ada dampak positif atau tidak," tutur dia melanjutkan. 

Baca Juga: Berbeda dengan PSSI, Kemenpora Sebut Marc Klok Belum Sah Jadi WNI

Sebelumnya, sudah ada empat atlet calon naturalisasi yang mendapat persetujuan.