PSSI Siapkan Beberapa Opsi, PT LIB Terus Upayakan Liga 1 Tetap Lanjut

By Wila Wildayanti - Kamis, 15 Oktober 2020 | 15:15 WIB
Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, bersama Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno (Mochamad Hary Prasetya/BolaSport)

BOLASPORT.COM - PSSI telah menyiapkan beberapa opsi setelah nasib Liga 1 2020 menjadi tidak jelas karena pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri) tak memberikan izin keramaian.

Meski klub Liga 1 dan Liga 2 2020 telah sepakat kompetisi dilanjutkan pada 1 November mendatang, jadwal itu belum bisa dipastikan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi.

Soalnya, secara tegas Polri menyatakan tak akan memberikan izin lanjutan Liga 1 2020 dengan alasan angka pandemi COVID-19 yang masih cukup tinggi.

Dengan pernyataan tersebut, PSSI dan PT LIB pada dasarnya menghormati keputusan dari Polri.

Baca Juga: Jadwal MotoGP Aragon 2020 - Mampukah Motorland Memunculkan Pemenang Balapan Ke-8?

Federasi bahkan langsung menyiapkan beberapa opsi kompetisi. Yang pertama, Liga 1 tetap bergulir pada 1 November mendatang seperti rencana awal.

Opsi kedua dan ketiga, kompetisi dimundurkan serta dimulai 1 Desember 2020 atau 1 Januari 2021 karena Polri juga tak memberikan izin terkait akan adanya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada akhir tahun ini.

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, menyatakan bahwa saat ini pihaknya pun ditugaskan PSSI untuk merumuskan berbagai hal apabila Liga 1 dilanjutkan pada November, Desember, ataupun Januari 2021.

"Ya, memang saat ini masih kami rumuskan. Tetapi, kalau lanjut November, kompetisi akan mulai dari pekan keempat. Untuk kemungkinan Desember serta Januari sedang kami rumuskan dengan perubahan format," kata Akhmad Hadian Lukita kepada BolaSport.com.