Rita Subowo Jadi Perempuan Indonesia Pertama yang Jadi Presiden Konfederasi Voli Asia

By Delia Mustikasari - Selasa, 27 Oktober 2020 | 16:55 WIB
Anggota Dewan Kehormatan OCA, Rita Subowo (tengah) disela-sela OCA Executive Board Meeting ke 69 yan

BOLASPORT.COM - Rita Subowo terpilih sebagai Presiden Konfederasi Voli Asia (AVC) yang baru pada Sidang Umum AVC ke-23 yang diadakan secara virtual pada Senin (26/10/2020).

Rita Subowo yang berusia 72 tahun memenangkan pemilihan secara aklamasi karena dia adalah satu-satunya kandidat untuk Presiden AVC.

Rita Subowo menjadi perempuan Indonesia pertama yang menjadi AVC sekaligus perempuan pertama yang menjadi pemimpin tertinggi AVC.

Baca Juga: Jika Mau, Khabib Nurmagomedov Patahkan Lengan Justin Gaethje dengan Jurus Ini

Setelah menjabat sebagai Wakil Presiden Eksekutif AVC sejak 2015, Subowo sekarang menjadi Presiden AVC ke-8 dan perempuan pertama yang mencalonkan diri untuk masa jabatan pertama di kantor badan pengatur bola voli benua.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih yang mendalam dari hati saya. Hal itu tidak mudah bagi saya. Kepercayaan Anda membuat saya percaya diri," kata Rita seusai terpilih sebagai Presiden AVC yang baru secara aklamasi dilansir BolaSport.com dari laman AVC.

"Saya mengerti bahwa bola voli adalah hidup saya. Saya akan terus mengabdi kepada bola voli," ucap Rita.

"Saya masih ingat pada 1987, saya pergi ke China bersama tim nasional kami untuk Kejuaraan Wanita Asia. Saya masih ingat saat itu Presiden AVC Mr Matsudaira meminta saya untuk membantu mengembangkan voli pantai di Asia."

Rita juga mengungkapkan bahwa untuk pertama kalinya dia bertemu dengan Tatsuro Uzuki dan Oceania pada Kejuaraan Wanita Asia.

"Saya berterima kasih kepada Australia dan Selandia Baru bahwa Anda memiliki voli pantai yang penting. Saya sangat senang Vanuatu lolos ke Olimpiade," ujar Rita.