Menurut Andrea Dovizioso, Joan Mir Tidak Perlu Menangi Balapan MotoGP 2020

By Diya Farida Purnawangsuni - Rabu, 4 November 2020 | 10:05 WIB
Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, saat merayakan kesuksesan finis P2 pada MotoGP Emilia Romagna, Minggu (20/9/2020). (TWITTER.COM/SUZUKIOFFICIAL)

BOLASPORT.COM - Pembalap senior Ducati, Andrea Dovizioso, menilai Joan Mir tidak perlu memenangi balapan untuk meraih gelar juara dunia MotoGP 2020.

Joan Mir yang membela tim Suzuki Ecstar saat ini tengah berada di puncak klasemen sementara pembalap dengan 137 poin, meski belum pernah memenangi satu pun balapan MotoGP 2020.

Mir unggul 14 poin atas pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, yang sudah memiliki tiga kemenangan balap pada musim ini yakni MotoGP Spanyol, MotoGP Andalusia, dan MotoGP Catalunya.

Dengan tiga balapan tersisa, peluang Mir untuk meraih gelar juara dunia memang cukup besar, terutama jika dia memilih bermain aman.

Untuk itu, Andrea Dovizioso pun merasa Mir tak perlu terlalu berambisi meraih kemenangan balap.

Baca Juga: Hapus Cuitan Soal Dana White, Negosiasi Kontrak Dustin Poirier Mandek?

Dovizioso juga menilai gelar juara dunia MotoGP 2020 tetap akan sah andai peraihnya tak pernah memenangi balapan sekalipun pada musim yang sama.

"Tidak, saya tidak berpikir begitu, sama sekali tidak begitu," ucap Dovizioso, dikutip dari Motorsport.

"Saya pikir kemenangan balap tidak betul-betul penting, terutama dalam kejuaraan dunia yang seperti ini. Sebab, kejuaraan dunia ini sudah aneh untuk berbagai alasan, dan pada akhirnya, yang betul-betul penting adalah poin. Itu saja."

"Semua orang ingin menang, semua orang mau menang, tetapi bukan itu poinnya. Jadi, saya pikir dia (Joan Mir) tidak perlu mengejar hal tersebut," kata Dovizioso lagi.