Ancaman Resesi Tak Surutkan Indonesia dalam Bidding Tuan Rumah Olimpiade 2032

By Wila Wildayanti - Rabu, 4 November 2020 | 23:00 WIB
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo membuka raapat terbatas membahas persiapan pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. (Screenshoot/ BolaSport.com)

 

BOLASPORT.COM -Meski ancaman resesi semakin nyata karena pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal II tak membuat negara surut untuk ikut biding tuan rumah Olimpiade 2032.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo hari ini Rabu (4/11/2020) menyampaikan bahwa Indonesia secara resmi mencalonkan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032.

Pencalonan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 tentu saja sebagai kabar baik itu Indonesia karena jika dipercaya tentu saja akan mengangkat martabat bangsa.

Tetapi target itu tak selalu manis karena saat ini Indonesia berada dalam ancaman resesi yang mana pertumbuhan ekonomi semakin lambat.

Baca Juga: Skuad Timnas U-19 Indonesia Batal Gelar Latihan Virtual Hari Ini

Oleh karena itu, dengan proses bidding tuan rumah Olimpiade 2032 yang bakal dimulai sejak 2020 itu dinilai cukup riskan.

Sebab penentuan dan pemilihan tuan rumah Olimpiade 2032 akan ditentukan oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) pada tahun 2023.

Menanggapi hal itu, Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali mengatakan bahwa untuk saat ini mereka harus tetap optimis.

"Sementara bagaimana perkiraannya? 12 tahun yang akan datang, sementara kondisi ekonomi dan bukan hanya Indonesia namun seluruh dunia sedang ekonominya tidak bagus. Kita berharap dan saya kira harus optimis," kata Zainudin Amali dalam konferensi pers yang turut dihadiri BolaSport.com, Rabu (4/11/2020).