Fabio Quartararo Akui Joan Mir Layak Jadi Juara Dunia MotoGP 2020

By Diya Farida Purnawangsuni - Kamis, 19 November 2020 | 23:15 WIB
Interaksi Joan Mir (Suzuki Ecstar/kiri) dengan Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) setelah balapan MotoGP Catalunya di Sirkuit Catalunya, Spanyol, 27 September 2020. (TWITTER.COM/MOTORSPORT_LAT)

BOLASPORT.COM - Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, menunjukkan sikap besar hati saat memberi ucapan selamat kepada juara dunia MotoGP 2020, Joan Mir.

Fabio Quartararo gagal mewujudkan ambisinya meraih titel kampiun dunia di kelas premier setelah mengalami crash pada balapan MotoGP Valencia 2020, akhir pekan lalu.

Di sisi lain, hasil finis di urutan ke-7 yang didapat Joan Mir sudah cukup untuk mengantar pembalap Suzuki Ecstar itu mengunci gelar juara dunia MotoGP 2020.

Usai balapan di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, tersebut, Mir unggul 29 poin atas pesaing terdekatnya, Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT).

Dengan satu balapan tersisa dan poin maksimal yang bisa diraih adalah 25, selisih poin di antara Mir dan Morbidelli tak akan dapat diimbangi apalagi disalip.

Baca Juga: Pol Espargaro: KTM Ajari Saya Jadi Pembalap MotoGP Sesungguhnya

Berbeda dengan Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli yang sama-sama punya tiga kemenangan balap pada MotoGP 2020, Joan Mir cuma mampu memenangi satu balapan pada musim ini.

Mir naik ke podium kampiun setelah finis terdepan pada balapan MotoGP Eropa 2020 yang juga berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo.

Meski begitu, Quartararo menilai Mir tetap layak menjadi juara dunia musim ini.

Baca Juga: Ketua Umum PBSI Ingin Dialog untuk Berkenalan dengan Para Atlet