Penyebab Laga PSG-Istanbul Basaksehir Terhenti, Wasit Ke-4 Sebut Negro

By Dwi Widijatmiko - Rabu, 9 Desember 2020 | 04:24 WIB
Logo Liga Champions (DOK UEFA)

BOLASPORT.COM - Laga Paris Saint-Germain (PSG) vs Istanbul Basaksehir di matchday terakhir fase grup Liga Champions, Selasa (8/12/2020) di Parc des Princes, terhenti karena ulah wasit ke-4 yang mengeluarkan komentar bernada rasis.

PSG menjamu Istanbul Basaksehir dalam laga penentuan siapa peraih dua tiket dari Grup H ke fase knock-out Liga Champions.

PSG harus menang atas Istanbul Basaksehir mengingat mereka punya poin yang sama (9) dengan Manchester United dan RB Leipzig sampai matchday 5.

Akan tetapi, pertandingan baru berjalan sekitar 15 menit, para pemain PSG dan Istanbul Basaksehir melakukan walk-out, meninggalkan lapangan.

Pertandingan terhenti karena ulah wasit ke-4 asal Rumania, Sebastian Coltescu.

Dia memberikan tanda kepada wasit Ovidiu Hategan untuk mengusir asisten pelatih Istanbul Basaksehir, Pierre Webo, karena melakukan protes.

Celakanya, ketika Hategan bertanya siapa yang harus dia beri kartu merah, Coltescu menjawab "ala negru" yang dalam Bahasa Rumania berarti "itu yang hitam yang di sana".

Dengan mudah, kata-kata itu juga terdengar menjadi "si negro".

Ulah Coltescu jelas tidak bisa diterima. Dia hanya perlu menunjuk Webo dengan tangan, tak perlu mengucapkan "negru" atau "negro".