Masalahnya Dilimpahkan ke AFC, Persipura Jayapura Kritik Keras PSSI

By Alif Mardiansyah - Sabtu, 19 Desember 2020 | 15:00 WIB
Logo Persipura Jayapura. (NDARU GUNTUR/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Persipura Jayapura mengkritik keras PSSI setelah masalahnya dilimpahkan ke konfederasi sepak bola Asia (AFC).

Saat ini, kisruh antara Persipura Jayapura dengan PSSI terkait keputusan wakil Indonesia di Piala AFC 2021 kini tengah menjadi polemik di masyarakat.

Persipura Jayapura merasa aneh dengan ketetapan utusan Indonesia di Piala AFC 2021yang telah diresmikan oleh PSSI pada 16 Desember 2020.

Dalam kebijakan PSSI tersebut menunjuk Bali United dan Persija Jakarta yang akan tampil di Piala AFC 2021, keputusan ini pun dinilai janggal oleh Persipura Jayapura.

Satu hal yang cukup membuat Persipura terheran yakni alasan dengan penunjukkan PSSI kepada Persija sebagai wakil Indonesia di Piala AFC 2021.

PSSI sendiri memilih Persija Jakarta sebagai salah satu utusan Indonesia di Piala AFC 2021 nanti dikarenakan Macan Kemayoran berstatus runner up Piala Indonesia 2018/2019.

Baca Juga: Reaksi Cristiano Ronaldo Seusai Martunis Menolak ke Manchester United

Persipura Jayapura memandang alasan itu tidak sejalan dengan regulasi AFC yang dijabarkan pada Entry Manual for AFC Club Competitions 2021 dalam pasal sembilan tentang sporting criteria.

Sehingga, Persipura saat ini meminta PSSI untuk menjelaskan dasar dari hasil rapat yang menentukan Bali United dan Persija Jakarta sebagai wakil Indonesia di Piala AFC 2021.