Tekad Fajar/Rian Kembali ke Posisi 5 Besar Dunia di Thailand

By Diya Farida Purnawangsuni - Rabu, 23 Desember 2020 | 08:00 WIB
Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Keduanya sedang bertanding pada Simulasi Piala Thomas 2020, Selasa (1/9/2020). (BADMINTON INDONESIA)

BOLASPORT.COM - Pasangan ganda putra nasional Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, bertekad kembali ke posisi lima besar dunia saat berlaga pada rangkaian turnamen di Bangkok, Thailand, Januari tahun depan.

Saat ini, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menempati peringkat keenam dunia, di bawah Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Li Jun Hui/Liu Yu Chen (China), serta Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe (Jepang).

Usai mengalami gangguan penyelenggaraan turnamen dari pandemi virus Corona alias Covid-19, Federasi Bulu Tangkis Dunia (Badminton World Federation/BWF) bakal memulai kalender kompetisi 2021 dengan menggelar tiga turnamen beruntun di Bangkok.

Selain dua turnamen BWF World Tour Super 1000 yakni Thailand Open I 2021 (12-17 Januari) dan Thailand Open II 2021 (19-24 Januari), BWF juga akan melangsungkan BWF World Tour Finals pada 27-31 Januari 2021.

Tentu bukan perkara mudah bagi para atlet elite untuk bisa menjalani ketiga turnamen tersebut dengan maksimal.

Baca Juga: Rumor: Andrea Dovizioso Masuk, Repsol Honda Akan Turunkan 3 Pembalap pada MotoGP 2021?

Apalagi, sepanjang tahun lalu level kompetisi mereka menurun karena banyak turnamen yang ditunda dan bahkan dibatalkan karena pandemi Covid-19.

Hal serupa juga dialami duet Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Mereka bahkan mendapat program persiapan khusus dari pelatih kepala ganda putra nasional Indonesia, Herry Iman Pierngadi, menjelang tiga turnamen beruntun di Bangkok.

Dikutip dari Badminton Indonesia, persiapan Fajar/Rian sudah dimulai pada akhir November lalu dan diawali dengan peningkatan latihan fisik untuk mengembalikan stamina para atlet setelah absen bertanding cukup lama.