Wujudkan Ekosistem Olahraga, Indonesia Segera Miliki Grand Design Keolahragaan Nasional

By Mochamad Hary Prasetya - Senin, 11 Januari 2021 | 17:40 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia, Zainudin Amali (Istimewa)

BOLASPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menjalankan review total ekosistem olahraga nasional yang dipesankan Presiden Joko Widodo pada peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2020 lalu.

Menurutnya, kunci utama untuk mewujudkan ekosistem olahraga nasional yang baik adalah, Indonesia harus memiliki Grand Design Keolahragaan Nasional.

Pernyataan itu dengan tegas disampaikan oleh Zainudin Amali saat membuka acara uji publik FGD Grand Design Keolahragaan Nasional bersama pakar, akademisi dan seluruh stakeholder olahraga Indonesia, di Ballroom JW Marriot, Surabaya, Sabtu (9/1/2020) malam.

Menurutnya uji publik Grand Design Keolahragaan di Surabaya kali ini adalah etape terakhir yang sebelumnya telah dilakukan di perguruan tinggi lainnya.

"Uji publik yang kita lakukan hari ini adalah etape terakhir, setelah dilakukan di beberapa perguruan tinggi lainnya."

"Kita inginkan apa yang kita hasilkan ini benar-benar sesuai dengan arahan bapak Presiden Jokowi. Kita ingin mereview total ekosistem pembinaan olahraga Indonesia," kata Zainudin Amali.

Alasan dibuatnya Grand Desain Keolahragaan ini menurut Zainudin Amali juga sebagai pondasi terhadap pembinaan dan prestasi olahraga di Indonesia.

Menurutnya, prestasi tidak bisa dilahirkan secara kebetulan, semua harus dilakukan secara berjenjang yang terdesain dengan baik. 

Baca Juga: Rahmad Darmawan akan Maksimalkan Potensi Bibit Muda Pulau Madura