Alih-alih Mundur, Start MotoGP 2021 Justru Bisa Maju karena Covid-19

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Kamis, 14 Januari 2021 | 16:25 WIB
Interaksi Joan Mir (Suzuki Ecstar/kiri) dengan Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) setelah balapan MotoGP Catalunya di Sirkuit Catalunya, Spanyol, 27 September 2020. (TWITTER.COM/MOTORSPORT_LAT)

BOLASPORT.COM - MotoGP 2021 terancam mengalami perubahan jadwal karena Covid-19. Namun, alih-alih penundaan, balapan pembuka justru berpotensi dimajukan.

Pandemi Covid-19 masih menjadi tantangan berat bagi MotoGP dalam merancang jadwal kejuaraan.

Berusaha optimistis dengan mengeluarkan kalender yang 'normal' dengan 20 balapan, MotoGP sudah harus melakukan penyesuaian sebelum kompetisi berjalan.

Pembatalan agenda sudah terjadi ketika tes pramusim MotoGP 2021 di Sirkuit Sepang, Malaysia, yang sejatinya digelar pada pertengahan Februari tidak dapat digelar.

Baca Juga: Bukan Honda atau Yamaha, Pabrikan Ini Resmi Bertahan di MotoGP Setelah 2021

Protokol kesehatan yang telah disepakati pihak MotoGP dengan Pemerintah Malaysia tidak mempan ketika kasus Covid-19 kembali meningkat di Negeri Jiran.

Wacana tes pramusim pengganti di Sirkuit Jerez, Spanyol, sempat mengemuka. Akan tetapi, alasan logistik membuat gagasan tersebut terlihat mustahil.

Sebab, seperti dilansir dari Speedweek, motor dan perlengkapan pengujian seluruh tim MotoGP telah diberangkatkan ke Malaysia melalui jalur laut.

Mengubah rute perjalanan ke Qatar kabarnya menjadi solusi yang bakal dipilih. Seperti diketahui, MotoGP juga merencanakan tes pramusim lain di Sirkuit Losail, Qatar.

Baca Juga: 'Jangan Mengandalkan Marc Marquez pada Februari dalam Tes Resmi Honda'