Sudah Gelar Balapan Sejak 1920, Sirkuit Bersejarah bagi Valentino Rossi Keluar dari MotoGP

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Rabu, 3 Februari 2021 | 10:45 WIB
Aksi pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi pada sesi latihan bebas ketiga MotoGP Republik Ceska yang berlangsung di Sirkuit Brno, Republik Ceska, 8 Agustus 2020. (YAMAHA MOTOR RACING SRL)

BOLASPORT.COM - MotoGP bakal kehilangan salah satu sirkuit ikoniknya setelah pengelola Sirkuit Brno di Republik Ceska menyatakan mundur.

MotoGP Republik Ceska yang berlangsung di Sirkuit Brno sebenarnya sudah terlempar dari kalender balap MotoGP 2021 karena faktor keamanan.

Para pembalap sudah lama mengeluh akan kondisi aspal Sirkuit Brno, lebih-lebih pada musim lalu karena dianggap berbahaya.

Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP sebenarnya telah memberi kesempatan kepada Sirkuit Brno.

Baca Juga: Peluang bagi Sirkuit Mandalika, Thailand Mundur dari MotoGP 2021

Namun, tuntutan untuk pengaspalan ulang membuat Brno harus terdepak dari kalender balap.

Masalah di Sirkuit Brno tidak terlepas dari sengketa antara pengelola sirkuit dan promotor soal tanggung jawab merenovasi sirkuit.

Seperti dilansir dari Speedweek, pengaspalan ulang di seluruh bagian sirkuit diperkirakan akan menelan biaya 100 juta koruna Ceko atau sekitar 65 miliar rupiah.

Kini, pengelola Sirkuit Brno melalui direktur hukum mereka, Ivana Umanova, menyatakan tidak akan menggelar balapan MotoGP lagi ke depannya.

Baca Juga: Jadwal Peluncuran Tim MotoGP 2021 - Menanti Nomor Keramat hingga 'Tim Baru' Valentino Rossi