5 Pemain Elite Malaysia Minta BAM Beri Kesempatan Tanding di Eropa

By Diya Farida Purnawangsuni - Selasa, 9 Februari 2021 | 11:20 WIB
Berita bulu tangkis internasional. (ANDREAS JOEVI/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Lima pemain elite negeri jiran yang baru saja didegradasi Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (Badminton Association of Malaysia/BAM) mengajukan permintaan bertanding pada seri Eropa sebelum resmi berpisah.

Diberitakan BolaSport.com sebelumnya, BAM memutuskan mencoret Soniia Cheah (tunggal putri), Vivian Hoo (ganda putri), serta Goh Soon Huat, Shevon Lai Jemie, dan Lai Pei Jing (ganda campuran) berdasarkan evaluasi tahunan mereka.

Meski sudah dipastikan tak mendapat tempat lagi di tim nasional, kelima pemain tersebut masih diperbolehkan berlatih di Akademi Bulu Tangkis Malaysia (ABM), Bukit Kiara, yang menjadi pemusatan latihan nasional para atlet tepok bulu negeri jiran.

Mereka akan berada di sana selama satu bulan ke depan, sesuai dengan aturan one-month notice yang diberlakukan BAM.

Baca Juga: Legenda Tinju Prediksi Mike Tyson Bakal Bikin KO Evander Holyfield

Sementara itu, berdasarkan jadwal yang dirilis Federasi Bulu Tangkis Dunia (Badminton World Federation/BWF), rangkaian turnamen seri Eropa akan berlangsung sepanjang bulan Maret mendatang.

Dimulai dari Swiss Open 2021 (2-7 Maret), dilanjutkan dengan German Open 2021 (9-14 Maret), dan ditutup dengan All England Open 2021 (17-22 Maret).

Dari tiga turnamen tersebut, dua di antaranya (Swiss Open dan German Open) menjadi turnamen krusial bagi beberapa pemain karena masuk ke dalam perhitungan poin kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020.

Baca Juga: Conor McGregor Beri Sinyal Kembali Jadi Sosok yang Suka Bicara Kotor

Pasangan Goh Soon Huat/Shevon Lai Jemie saat ini berada di urutan ke-11 Race to Tokyo, sedangkan Lai Pei Jing dan tandemnya yang tak kena degradasi, Tan Kian Meng, ada di posisi ke-13.