Tak Mau Dipisah, Pebulu Tangkis Malaysia Ini Pilih Keluar Timnas

By Diya Farida Purnawangsuni - Sabtu, 13 Februari 2021 | 11:45 WIB
Pasangan ganda campuran Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing, saat berthadapan dengan Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand) pada final Singapore Open 2019, di Singapore Indoor Stadium, Minggu (14/4/2019). (twitter.com/BA_Malaysia)

BOLASPORT.COM - Pebulu tangkis ganda campuran Malaysia, Tan Kian Meng, memilih untuk keluar dari tim nasional (timnas) demi tetap bermain dengan sang rekan, Lai Pei Jing.

Keputusan ini diambil Tan Kian Meng beberapa hari setelah Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (Badminton Association of Malaysia/BAM) mengumumkan pencoretan sejumlah pemain, termasuk Lai Pei Jing.

Selain Lai, Soniia Cheah (tunggal putri), Vivian Hoo (ganda putri), dan pasangan Goh Soon Huat/Shevon Lai Jemie (ganda campuran) juga kena degradasi.

Kelima pemain tersebut dikeluarkan setelah BAM melakukan evaluasi terhadap performa mereka sepanjang tahun lalu.

Sementara itu, meski tidak kena degradasi, Tan Kian Meng memilih untuk keluar dari timnas karena merasa masih punya peluang lolos Olimpiade Tokyo 2020 bersama Lai Pei Jing.

Baca Juga: Australian Open 2021 - Baru Babak Ke-3, Novak Djokovic Sudah Main Lebih dari 3 Jam

"Saya berpikir keras dan lama mengenai keputusan ini. Saya tahu ini risikonya tinggi, tetapi saya tidak mau memiliki penyesalan apapun," kata Tan, dikutip dari NST.

"Saya percaya, saya dan Lai Pei Jing masih punya kesempatan untuk menembus Olimpiade pada tahun ini, dan saya ingin memperjuangkannya."

"Terima kasih banyak untuk BAM yang masih memberi saya kesmepatan di timnas, tetapi saya memutuskan untuk bertahan dengan rekan saya, Pei Jing."

"Kami akan mulai berlatih secara mandiri pada Senin depan," ucap Tan lagi.