Penjelasan Menpora Saat Disebut Intervensi Soal Izin Piala Menpora 2021

By Wila Wildayanti - Jumat, 19 Februari 2021 | 21:00 WIB
Menpora, Zainudin Amali, menjawab pertanyaan wartawan usai acara Silaturahmi Menpora RI dengan Stakeholders Sepakbola Indonesia di Gedung Kemenpora, Jakarta, Kamis (18/2/2021). (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, menjelaskan keterlibatan pemerintah dalam mendapatkan izin Piala Menpora 2021 bergulir.

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akhirnya memberikan izin terkait bergulirnya Piala Menpora 2021 yang rencananya berlangsung 20 Maret-25 April mendatang.

Namun, ditengah kabar baik tersebut, beberapa pihak menilai Menpora terlalu intervensi atau ikut campur PSSI untuk mendapatkan surat izin tersebut.

Mendengar soal kabar intervensi tersebut, Zainudin Amali pun menjelaskan bagaimana tugas Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang ada dalam Undang-Undang tentang keolahragaan.

Baca Juga: Suporter Harus Tahu, Menpora: Ketum PSSI Sangat Sabar Hingga Dapat Tekanan

Menurutnya, terkait perizinan soal Piala Menpora 2021 itu bukanlah bentuk intervensi melainkan aturan yang ada di Undang-undang Nomor 3 tahun 2005 soal sistem keolahragaan nasional.

"Keterlibatan pemerintah khususnya saya sebagai Menpora dalam kegiatan keolahragaan, khususnya kegiatan yang berkaitan dengan perhelatan kompetisi, turnamen, dan kejuaraan adalah salah satu tugas yang sudah menjadi tanggung jawab kami."

"Dan itu ada dalam UU sistem keolahgraan nasional 2005," kata Zainudin Amali dalam jumpa pers virtual yang turut dihadir BolaSport.com, Jumat (19/2/2021).

Menurut Zainudin tak ada yang salah menpora membantu cabang olahraga (cabor) apa saja.