Kepada AFC, Marc Klok Kuliti Manfaat Fenomena Pemain Indonesia ke Eropa

By Metta Rahma Melati - Sabtu, 20 Februari 2021 | 09:50 WIB
Gelandang Persija Jakarta, Marc Klok, ketika menghadapi Bhayangkara FC di Stadion PTIK, Melawai, Jakarta Selatan (14/3/2020) (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Pemain Persija Jakarta, Marc Klok memberikan opininya kepada AFC soal fenomena pemain Indonesia ke Eropa.

Marc Klok memiliki pengalaman yang sama dengan pemain Indonesia yang pergi ke luar negara, ia berada di jalur yang sama namun dalam keadaan sebaliknya.

Ia pun memiliki posisi yang baik untuk menganalisis tekanan dan kemungkinan anak-anak muda Indonesia akan segera terbiasa.

Dalam wawancara dengan AFC, Klok mengungkapkan manfaat menembus zona nyaman seseorang, peluang Bagus Kahfi untuk berkembang di mantan klubnya.

Baik di Eropa atau di beberapa tujuan sepak bola top Asia, pemain Indonesia pindah ke lingkungan budaya dan olahraga yang asing.

Baca Juga: Satu Pemain Gabung Latihan Skuad Bali United secara Terpisah



Bahkan lingkungan tersebut berada ribuan kilometer jauhnya dari rumah dalam upaya memaksimalkan potensi mereka.

Klok sendiri memulai kariernya di klub muda Utrecht, kemudian ia bermain ke Skotlandia, Inggris, dan Bulgaria sebelum ke Asia Tenggara pada 2017.

Pemain 27 tahun itu antusias dengan anak-anak muda Indonesia yang sedang mempelajari keterampilan mereka di negara-negara, Kroasia, dan Polandia.