Gara-gara Pandemi, Jadwal MotoGP dan F1 Australia Bisa Bertukar Tempat

By Diya Farida Purnawangsuni - Senin, 22 Februari 2021 | 19:55 WIB
Duel ketat Marc Marquez melawan Maverick Vinales pada seri MotoGP Australia, Minggu (27/10/20190 (twitter.com/MotoGP)

BOLASPORT.COM - Jadwal seri balap MotoGP dan Formula 1 (F1) di Australia berpeluang bertukar tempat menyusul pandemi virus Corona alias Covid-19 yang tak kunjung selesai.

Dikutip dari Motorsport.com, Australian Grand Prix Corporation (AGPC) selaku penyelenggara kedua ajang balap tersebut tengah memikirkan gagasan pertukaran jadwal.

Biasanya, seri balap F1 Australia yang berlangsung di Sirkuit Albert Prak jadi pembuka musim kompetisi pada bulan Maret, sedangkan Sirkuit Philip Island yang menjadi tuan rumah seri balap MotoGP Australia mendapat jadwal pada bulan Oktober.

Namun, jadwal normal itu kemungkinan besar akan berubah pada tahun ini karena adanya pembatasan perjalanan ke luar negeri selama pandemi Covid-19.

Baca Juga: Mulai Pede, Alex Marquez Sebut Dirinya Bisa Jadi Juara Dunia MotoGP

Hal tersebut memaksa penyelenggaraan GP Australia 2021 mengalami penundaan hingga 21 November, empat pekan setelah balapan MotoGP Australia 2021.

Menanggapi fakta ini, bos AGPC Andrew Westacott mengatakan bahwa pihaknya kini terbuka dengan opsi pertukaran jadwal.

Rencana itu masuk akal karena AGPC menginginkan adanya jarak penyelenggaraan di antara balapan MotoGP dan F1 demi pengaturan dan penjualan tiket.

Baca Juga: Digantikan Pol Espargaro di Repsol Honda, Begini Harapan Alex Marquez

"Saya sangat bisa mengatakan bahwa tidak ada yang pasti terkait kalender tahun 2022," ucap Westacott.