Menpora Ungkap Peran Presiden Jokowi Terkait All England Open 2021

By Fauzi Handoko Arif - Jumat, 19 Maret 2021 | 20:15 WIB
Presiden RI, Joko Widodo, dalam rapat terbatas yang membahas persiapan Piala Dunia U-20 2021, Selasa (20/10/2020). (Sekretariat Presiden)

BOLASPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo sudah menginstruksi jajaran di bawahnya untuk menindaklanjuti insiden yang menimpa tim Indonesia pada turnamen All England Open 2021.

Nasib kurang mujur diterima skuad Merah Putih saat berlaga pada All England Open 2021 yang berlangsung di Arena Birmingham, Birmingham, Inggris, 17-21 Maret.

Jonatan Christie dkk dipaksa mundur oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia (Badminton World Federation/BWF) atas rekomendasi dari National Health Service (NHS) Test and Trace.

Rekomendasi NHS itu muncul karena tim Indonesia menumpangi pesawat yang sama dengan suspek pengidap virus Corona alias Covid-19 dalam perjalanan menuju Inggris.

Sesuai regulasi pemerintah Inggris, setiap orang yang positif Covid-19 atau memiliki kontak dengan orang yang positif Covid-19 wajib menjalani isolasi mandiri selama 10 hari.

Baca Juga: Lawan Idaman Khabib Nurmagomedov Ajari Conor McGregor Sukses Lagi

Hal inilah yang kemudian membuat tim Indonesia tak bisa melanjutkan kiprah mereka pada All England Open 2021 meskipun hasil PCR Test dan Swab Test sebelumnya selalu negatif.

Kasus ini kemudian ramai diperbincangkan di kalangan penggemar bulu tangkis, terutama di Tanah Air.

Merespons insiden itu, Menpora RI Zainudin Amali kemudian menggelar konferensi pers di Gedung Kemenpora RI, Jakarta, Jumat (19/3/2021) siang WIB.