Soroti Kematian 6.500 Pekerja, Pesepak Bola Ramai-ramai Protes Qatar

By Rebiyyah Salasah - Sabtu, 27 Maret 2021 | 08:30 WIB
Protes pemain timnas Jerman menjelang pertandingan kontra Islandia pada laga perdana Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, Kamis (25/3/2021) waktu setempat. (TWITTER.COM/DFB_TEAM_EN)

BOLASPORT.COM - Para pesepak bola beramai-ramai memprotes Qatar setelah kematian 6.500 pekerja yang mengerjakan proyek persiapan Piala Dunia 2022

Para pesepak bola yang bergabung dengan timnasnya masing-masing melakukan protes terhadap Qatar terkait pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

Pada Kamis (25/3/2021) waktu setempat, para pemain timnas Jerman melancarkan protesnya menjelang pertandingan kontra Islandia pada laga perdana Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa.

Saat sesi foto tim sebelum kick-off, skuad Der Panzer mengenakan jersi tandang berwarna hitam dengan satu huruf tertulis di seragam yang dikenakan 11 pemainnya.

Kata-kata yang berurutan itu pun menjadi suatu kalimat "Human Rights" atau Hak Asasi Manusia.

Baca Juga: Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022 - Bangkit dari Pembantaian Spanyol, Jerman Langsung Menggila Lawan Islandia

Timnas Norwegia melakukan protes serupa pada hari sebelumnya sesaat menjelang laga kontra Gibraltar. 

Para pemain, yang berada di dalam maupun di luar lapangan, mengenakan kaus bertuliskan: "Hak Asasi Manusia, di dalam dan di luar lapangan" sebelum sepak mula. 

Timnas Belanda dikabarkan akan menyusul tindakan yang dilakukan oleh para pemain Norwegia dan Jerman untuk menyuarakan keprihatinan yang sama. 

Hal tersebut diungkapkan bek timnas Belanda, Matthijs de Ligt.