Liga 1 Terpusat di Pulau Jawa dan Liga 2 Bergulir di Empat Wilayah

By Wila Wildayanti - Senin, 24 Mei 2021 | 23:30 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, Ketua Umum PSSI, Mohamad Iriawan seusai rapat koordinasi bahas Liga 1 dan Liga 2 di Kantor Kemenpora, Jakarta Pusat, Senin (24/5/2021). (BOLASPORT.COM/WILA WILDAYANTI)

BOLASPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memastikan Liga 1 bakal terpusat di Pulau Jawa dan untuk Liga 2 berlangsung di empat wilayah.

PSSI membocorkan rencana tersebut setelah menjalani rapat koordinasi bersama Menpora Zainudin Amali, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita, Asops Kapolri Imam Sugianto, dan Debuti II BNPB Harmensyah di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga, Senin (24/5/2021).

Pada kesempatan itu PSSI dan PT LIB menyampaikan rencana atau skema bergulirnya Liga 1 dan 2 di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Resmi - Persis Solo Gaet Striker Jebolan Liga Belanda

Setelah pembahasan Liga 1 dan Liga 2 tersebut, beberapa pihak memberikan tanggapan.

Polri dan BNPB mengaku mendukung kompetisi bergulir, tetapi PSSI dan PT LIB diminta untuk tetap meningkatkan kualitas penyelenggaraan.

Peningkatan kualitas terkait penanganan suporter atau pengamanan dan juga penerapan protokol kesehatan (prokes) dengan ketat.

Mochamad Iriawan mengatakan bahwa Liga 1 akan dimulai antara 3-7 Juli 2021 dengan terpusat di Pulau Jawa.

Menurutnya rencana itu merupakan masukan dari klub-klub peserta kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air.