Jawaban Jujur Bambang Pamungkas Soal Banyaknya Pemain Indonesia di Luar Negeri

By Hugo Hardianto Wijaya - Jumat, 28 Mei 2021 | 08:30 WIB
Asnawi Mangkualam mencatatkan debut untuk Ansan Greeners pada laga melawan Yangpyeong FC pada putaran kedua Piala FA Korea Selatan, Minggu (28/3/2021). (TWITTER.COM/KLEAGUEUNITED)

BOLASPORT.COM - Legenda timnas Indonesia, Bambang Pamungkas, menjawab jujur soal perasaannya melihat banyak pemain Indonesia mulai berkarier di luar negeri.

Periode 2020-2021 bisa dibilang menjadi masa yang baik bagi perkembangan sepakbola Indonesia.

Dalam periode satu tahun terakhir, sejumlah pemain Tanah Air banyak dilirik oleh klub-klub luar negeri dan mendapat kesempatan bermain di sana.

Sebut saja Bagus Kahfi, Brylian Aldama, dan Witan Sulaeman yang bermain di Eropa, Ryuji Utomo dan Saddil Ramdani di Liga Malaysia, hingga Asnawi Mangkualam yang menjadi fenomena di Liga Korea Selatan.

Baca Juga: Musim Perdana di Chelsea Tak Mulus, Timo Werner Buka Mulut soal Masa Depan

Maraknya pemain dalam negeri yang merantau ke negeri-negeri seberang menjadi sinyal positif bagi perkembangan sepakbola Tanah Air.

Keberadaan para pemain Indonesia di luar negeri diharapkan bisa mengembangkan motivasi pemain di dalam negeri untuk terus meningkatkan kualitas mereka.

Dengan begitu, kualitas kompetisi di dalam negeri pun diharapkan juga bisa terus bertumbuh.

Legenda timnas Indonesia, Bambang Pamungkas, juga punya pandangan positif soal banyaknya pemain Indonesia di luar negeri.

Baca Juga: Bukan Edinson Cavani, Paul Pogba yang Salah dalam Proses Gol Villarreal