Program PEN Bantu Pengusaha Kuliner Ini Bertahan di Tengah Pandemi

By Nana Triana - Sabtu, 3 Juli 2021 | 22:25 WIB
Program PEN membantu para pelaku UMKM dan masyarakat menengah ke bawah untuk berhatan di masa Pandemi (Dok. Pexels/Nappy)

BOLASPORT.COM – Pandemi Covid-19 tak hanya berdampak bagi sektor kesehatan, namun juga bagi sektor ekonomi. Hal ini mendorong para pelaku usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM) beradaptasi dan bertransformasi secara cepat.

Hal itulah yang dilakukan Teddy Yulianto, pengusaha dan pemilik restoran seafood Cut The Crab. Ia mengaku melakukan adaptasi dengan lebih hati-hati dalam mengelola keuangan. 

“Dengan manajemen keuangan yang baik di masa pandemi, pelaku usaha makanan minuman seperti kami masih cukup bisa menjaga arus kas sampai punya ruang  untuk membuka cabang,” jelas Teddy Dialog Produktif  KPCPEN yang disiarkan di FMB9ID_IKP, Rabu (30/6).

Selain itu, Teddy menuturkan, dirinya juga terbantu oleh sejumlah stimulus yang diberikan pemerintah melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). 

Program PEN dihadirkan pemerintah untuk menstimulasi perekonomian nasional, mempertahankan daya beli masyarakat, serta menyokong sektor perekonomian penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB), termasuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Bantuan program PEN yang sempat dirasakannya berbentuk bantuan langsung tunai (BLT) BPJS. Bantuan itu turut membantu karyawan Cut The Crab yang berpenghasilan di bawah Rp 5 juta.

Baca Juga: Tak Ada Potongan Gaji, Semangat Pemain AHHA PS Pati FC Jadi Berlipat Ganda

“Dari sisi bantuan pemerintah, karyawan pun sudah mendapatkan dukungan positif,” cerita Teddy.

Dalam acara dialog yang sama, Staf Khusus Kementerian Keuangan Yustinus Prastowo mengatakan, tren perekonomian Indonesia tengah menunjukkan pergerakan ke arah kebijakan yang tepat. 

Meski demikian, upaya untuk penanganan kesehatan dan di saat bersamaan mengatasi dampak sosial ekonomi akibat Covid-19 masih akan terus dilakukan.