Modalnya Tidak Mahal, Ini Olahraga Kekinian yang Bisa Dilakukan Selama PPKM Darurat

By Nana Triana - Jumat, 9 Juli 2021 | 14:35 WIB
Ilustrasi olahraga di rumah. (Shutterstock)

Bolasport.com – Beberapa tahun belakangan, kesadaran untuk menjaga kesehatan meningkat. Pada masa pandemi, jumlah orang yang mengadopsi gaya hidup sehat menjadi menjadi semakin tinggi. Salah satunya dengan mencoba aktif berolahraga.

Pasalnya, olahraga memberi banyak manfaat di kala harus menghabiskan sebagian besar waktu di rumah. Mengutip dari laman The Conversation, olahraga dapat mencegah seseorang terjebak dalam gaya hidup tidak aktif (sedentari) dan menurunkan kadar stres. Olahraga akan bermanfaat apabila dilakukan dengan durasi minimal 30-60 menit secara rutin.

Tak hanya itu, olahraga rutin juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Seperti diketahui, tubuh yang sehat merupakan modal berharga karena dapat mendukung kamu untuk menggapai cita-cita.

Nah, bagi kamu yang ingin membebaskan diri dari gaya hidup tidak sehat, ada beberapa jenis olahraga kekinian yang bisa dicoba. Olahraga-olahraga tersebut menyenangkan dan tidak perlu modal mahal. Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, kamu bisa melakukannya di dalam atau di sekitar rumah.

1. Lari

Lari merupakan olahraga yang sederhana karena siapa saja bisa melakukannya. Lari tidak memerlukan alat khusus ataupun trek khusus.

Memang benar, sebagian besar orang lebih senang berlari di trek jogging atau fasilitas-fasilitas yang memang disediakan untuk olahraga ini, seperti halaman stadion. Kontur permukaan tanah yang lebih rata memudahkan pelari. Selain itu, mencegah terjadinya keseleo atau terpeleset.

Baca Juga: Berangkatkan 28 Atlet pada Olimpiade Tokyo 2020, Indonesia Lebihi Target

Namun, lari juga bisa dilakukan di area kompleks tempat tinggal atau lapangan dekat rumah. Manfaat kesehatan yang didapat tetap sama.  

Satu hal yang paling penting, kamu harus menyiapkan perlengkapan yang tepat agar nyaman dan terhindar dari risiko cedera saat lari. Kamu bisa memilih sepatu lari dengan fitur terbaik untuk mendukung gerak kaki dan membelinya secara online.