Kasus Positif Turun Hingga 40 Persen, Prof Wiku: Masih Banyak Hal Perlu Dibenahi

By Nana Triana - Jumat, 23 Juli 2021 | 16:54 WIB
Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof. Wiku Adisasmito

BOLASPORT.COM – Dalam tujuh hari terakhir angka kasus positif Covid-19 mengalami penurunan. Pada Kamis, (15/7/2021) kasus positif Covid-19 sebesar 56.757. Jumlah tersebut kemudian menyusut pada Rabu, (21/7/2021) menjadi 33.772 atau turun sebesar 40 persen.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito mengatakan, Jika dilihat pada persen kasus aktif, terlihat mulai mengalami penurunan selama 3 hari terakhir.

“Termasuk persentase Bed Occupancy Ratio (BOR) atau keterisian tempat tidur harian di tingkat nasional juga konsisten mengalami penurunan selama tujuh hari terakhir, dari 76,26 persen menjadi 72,82 persen. Adanya perkembangan yang baik ini patut disyukuri,” ujar Wiku dalam keterangan tertulis yang diterima Bolasport.com, Jumat (23/7).

Wiku juga berterima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan yang tidak kenal lelah merawat pasien, juga kepada seluruh pemerintah daerah yang telah bergerak cepat dalam membantu pelaporan pasien serta kontak erat Covid-19.

Baca Juga: Terhalang Utang Klub Lama, Jose Mourinho Terancam Gagal Rekrut Bek Anyar

Namun, Wiku menilai, ada beberapa hal yang perlu menjadi perbaikan bersama. Yakni, Peningkatan testing, sebab Jumlah orang diperiksa menurun selama empat hari terakhir perlu untuk segera dikejar agar meningkat Kembali.

Karena itu, Wiku menekankan, semakin tinggi testing semakin banyak kasus yang dapat terdeteksi dan ditangani sejak dini.

Mengatasi meningkatnya kasus kematian

Menurut Wiku, hal lainnya yang perlu menjadi fokus adalah kematian. Angka kematian yang cenderung mengalami peningkatan selama tujuh hari terakhir ini patut dijadikan refleksi bersama. Terutama dalam 6 hari berturut-turut angka kematian mencapai lebih dari 1000 kasus setiap harinya.

“Ini tidak bisa ditoleransi lagi karena ini bukan sekadar angka, di dalamnya ada keluarga, kerabat, kolega, dan orang-orang tercinta yang pergi meninggalkan kita,” tegas Wiku.