Hasil Liga Champions - Klub Termiskin Eropa Bikin Sejarah, Kompatriot PSG Di-prank Gol Tandang

By Dwi Widijatmiko - Kamis, 26 Agustus 2021 | 04:36 WIB
Sheriff Tiraspol menjadi klub Moldova pertama yang lolos ke fase grup Liga Champions. (TWITTER @CHAMPIONSLEAGUE)

BOLASPORT.COM - Sejarah tercipta bagi klub termiskin di Eropa, Sheriff Tiraspol, yang untuk pertama kalinya lolos ke babak utama Liga Champions.

Sheriff Tiraspol, klub kecil dari Moldova, memastikan diri lolos ke fase grup Liga Champions 2021-2022 setelah menyingkirkan Dinamo Zagreb.

Pada leg kedua babak play-off, Rabu (25/8/2021) atau Kamis dini hari WIB di Stadion Maksimir, Zagreb, Sheriff Tiraspol menahan tuan rumah Dinamo Zagreb 0-0.

Hasil itu membuat Sheriff Tiraspol, yang menang 3-0 pada leg pertama, memastikan diri lolos ke babak utama Liga Champions dan bergabung dengan 31 klub elite Eropa lainnya.

Sheriff Tiraspol membawa negaranya, Moldova, masuk dalam buku rekor Liga Champions dengan akhirnya memiliki wakil yang akan bermain di fase grup.

Baca Juga: Manchester United Bisa Masuk Grup Neraka di Liga Champions, Solskjaer Singgung Transfer Pemain

Pada musim ini, Sheriff Tiraspol harus berjuang dari babak kualifikasi I dan dan berturut-turut menyingkirkan Teuta (Albania), Alashkert (Armenia), mantan juara Piala Champions Red Star Belgrade (Serbia), dan Dinamo Zagreb (Kroasia).

Moldova sendiri dikenal sebagai salah satu negara termiskin di Eropa.

Tidak heran jika Sheriff Tiraspol bak liliput di tengah raksasa jika bicara tingkat kemewahan skuad yang dibawanya di Liga Champions.

Seperti dikutip Bolasport.com dari Transfermarkt, pasukan Sheriff Tiraspol hanya bernilai total 11 juta euro, sekitar 1 persennya dari materi yang dipunyai klub kaya raya Prancis, PSG.