Update PPKM : Indonesia Tembus 100 Juta Suntikan Vaksin Covid-19

By Yussy Maulia - Jumat, 3 September 2021 | 12:26 WIB
Konferensi Pers Media Center Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), Rabu (1/9/2021). (Tangkapan layar YouTube FMB9ID_IKP)

BOLASPORT.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat, saat ini Indonesia telah menembus 100 juta suntik vaksinasi Covid-19. Jumlah tersebut terdiri dari gabungan dosis pertama, dosis kedua, dan dosis ketiga (booster) bagi tenaga kesehatan.

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi dalam Konferensi Pers Media Center Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), Rabu (1/9/2021).

Disampaikan oleh Nadia, Indonesia berhasil menyalurkan 50 juta dosis dalam kurun dua bulan saja, yakni selama periode Juli-Agustus.

“Laju suntikan kita meningkat 10 juta suntikan per 10 hari sejak Agustus 2021 dan kita yakin dapat meningkatkan laju penyuntikan kedepannya,” ungkap Nadia dalam keterangan resmi yang diterima BolaSport, Jumat (3/9/2021).

Baca Juga: Antisipasi Sanksi, Pelatih Persebaya Minta Suporter Patuhi Aturan

Pencapaian ini menunjukkan bahwa program percepatan dan akselerasi vaksinasi di Indonesia telah membuahkan hasil yang positif.

Bahkan, berdasarkan jumlah warga yang telah mendapat vaksinasi, Indonesia berada di peringkat ke-6 di dunia. Sementara itu, berdasarkan total dosis suntikan vaksin Covid-19, Indonesia berada di peringkat ke-7 dunia.

Pemerintah pun terus mengupayakan ketersediaan vaksin agar kebutuhan vaksin masyarakat Indonesia dapat tersalurkan secara menyeluruh.

Pada Rabu (1/9/2021), Indonesia mendatangkan lebih dari 500.000 dosis vaksin jadi AstraZeneca. Dengan tambahan vaksin tersebut, Indonesia kini memiliki ketersediaan vaksin lebih dari 218,5 juta dosis dalam bentuk bahan baku maupun vaksin jadi.

Baca Juga: Karim Benzema: Kylian Mbappe Pasti ke Real Madrid