F1 GP Belanda 2021 - Dianggap Tak Salah, Verstappen Lolos dari Hukuman

By Diya Farida Purnawangsuni - Minggu, 5 September 2021 | 18:40 WIB
Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen, setelah finis pertama pada F1 GP Austria di Red Bull Ring, Minggu (4/7/2021). (FORMULA 1)

BOLASPORT.COM - Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen, dipastikan lolos dari penalti grid setelah dianggap tidak melakukan pelanggaran apapun terhadap bendera merah yang dikeluarkan pada sesi latihan bebas kedua (FP2) GP Belanda 2021, Jumat (3/9/2021).

Diberitakan BolaSport.com sebelumnya, Max Verstappen terancam kehilangan posisi startnya itu karena diduga melanggar bendera merah yang dikeluarkan pada FP2.

Saat bendera merah alias red flag keluar, Verstappen memang berada dalam flying lap dan tengah bersiap menyalip Lance Stroll (Aston Martin) yang masih dalam slow lap.

Dalam rekaman video, Verstappen terlihat melewati Stroll di antara tikungan 10 dan 11 Sirkuit Zandvoort.

Baca Juga: Pernah Punya Rossi dan Stoner, Manajer Honda Sebut Marquez Terbaik

Padahal, saat Verstappen mendekati Stroll, lampu panel yang berada di sisi kiri sirkuit sudah menyala merah sebagai tanda para pembalap harus menurunkan kecepatan jet darat mereka.

Normalnya, para pembalap yang melanggar regulasi ini akan langsung diganjar penalti grid.

Tahun lalu, pada balapan F1 GP Styria 2020, Lando Norris mendapat penalti grid sebanyak 3 posisi karena menyalip dalam kondisi bendera kuning dikibarkan.

Baca Juga: Ganda Putra Peraih Perak Olimpiade Rio 2016 Buka Kemungkinan Reuni pada Kejuaraan Dunia 2021