Cegah Stress Berlebih, Berikut Tiga Jenis Olahraga yang Baik untuk Kesehatan

By Fathia Yasmine - Jumat, 5 November 2021 | 19:28 WIB
Ilustrasi olahraga (Dok. Shutterstock)

BOLASPORT.COM – Padatnya aktivitas serta tekanan pekerjaan tidak jarang memicu munculnya stres dalam diri seseorang. Tanpa disadari, stres berkepanjangan juga bisa berdampak besar pada kehidupan, salah satunya bisa berpengaruh pada fisik. 

Ketika mengalami stres, hormon adrenalin akan memberitahu tubuh agar siap menghadapi kondisi penyebab stres. Namun jika terlalu sering, kondisi tersebut akan mengganggu bagian-bagian tubuh dan kesehatan secara keseluruhan.

Dilansir dari laman Brightside, apabila adrenalin selalu berada dalam level tinggi terlalu lama, hormon ini akan melemahkan sistem imun, kualitas tidur, hingga kekuatan otot. 

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk melepaskan stres dengan cara yang positif, salah satunya dengan berolahraga.

Baca Juga: Bhayangkara FC Ingin Kalahkan PSM Demi Rebut Puncak Klasemen dari Persib

Dikutip dari Daily Mail, Senin (8/7/2013), aktivitas fisik dapat memicu hormon produksi hormon endorfin dalam tubuh. Hormon inilah yang nantinya membuat tubuh lebih rileks dan menurunkan tingkat stres yang dialami.

Bagi Anda yang juga merasakan keluhan serupa, tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai macam jenis olahraga sebagai pelepas stres. Sebagai referensi, berikut tips olahraga yang bisa dicoba.

Olahraga yang bersifat rekreasi

Untuk mengurangi kadar stres dalam tubuh, Anda bisa mencari olahraga yang bersifat rekreasi seperti berenang, bermain basket, atau berlatih sepakbola. Selain menjadi ajang bersosialisasi, ketiga olahraga tersebut juga tidak banyak menguras tenaga maupun meningkatkan adrenalin.

Namun, jika tidak terbiasa berolahraga sebelumnya, Anda bisa mencoba kegiatan ringan dulu sebagai pemanasan. Misalnya, dengan melakukan pekerjaan rumah seperti mencuci piring, berkebun, atau bermain bersama anak.