Soal Keputusan Mundur dari Kejuaraan Dunia 2021, Menpora Ada di Pihak PBSI

By Agung Kurniawan - Jumat, 10 Desember 2021 | 11:00 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali, nampak sedang memberikan keterangan kepada awak media dalam jumpa persnya di Kemenpora, Jakarta, 22 Oktober 2021. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, mendukung keputusan PBSI untuk menarik para atlet dari Kejuaraan Dunia 2021.

PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia) memutuskan untuk tidak menurunkan atlet-atlet pelatnas pada Kejuaraan Dunia 2021.

Hendra Setiawan dkk batal tampil pada kejuaraan akbar yang digelar di Huelva, Spanyol pada 12-19 Desember 2021.

Dalam pernyataan resmi PBSI menyatakan bahwa mereka menarik partisipasi atlet dari Kejuaraan Dunia 2021 karena faktor pandemi.

Baca Juga: Daftar Peraih Emas asal Indonesia pada Kejuaraan Dunia BWF

Perkembangan varian baru virus Covid-19, Omicronk, membuat PBSI tak ingin mengambil risiko dengan keselamatan dan kesehatan atlet.

Tidak mudah mengambil keputusan itu. Sebab, Kejuaraan Dunia 2021 menjadi turnamen terakhir untuk meraih prestasi tinggi pada tahun ini.

Indonesia juga memiliki salah satu wakil berstatus juara bertahan dalam diri pasangan ganda putra, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

"Kami tidak mau mengambil risiko, keselamatan dan kesehatan atlet lebih utama," kata Kabid Binpres PBSI, Rionny Mainaky.

Baca Juga: Marcus/Kevin Absen pada Kejuaraan Dunia 2021, Ganda Putra Malaysia Manfaatkan Kesempatan