Verstappen Boleh Simpan Trofi Juara F1 2021, Mercedes Mau Tuntut ke Pengadilan Internasional

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Senin, 13 Desember 2021 | 14:10 WIB
Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton (kiri) memberikan selamat kepada pilot Red Bull Racing, Max Verstappen (kanan) saat bertemu di F1 GP Abu Dhabi 2021 di Sirkuit Yas Marina, Minggu (12/12/2021). (TWITTER.COM/F1)

BOLASPORT.COM - Mercedes berniat mengajukan banding setelah protes mereka akan kontroversi akhir lomba Formula 1 GP Abu Dhabi ditolak.

Seperti diberitakan sebelumnya, Mercedes dibuat meradang oleh keputusan race director perihal prosedur restart pada lap-lap terakhir balapan F1 GP Abu Dhabi.

Kecelakaan yang dialami Nicholas Latifi (Williams) membuat safety car masuk saat balapan di Sirkuit Yas Marina, Uni Emirat Arab, Minggu (12/12/2021) tersisa empat lap.

Awalnya race director, Michael Masi, melarang pembalap yang di-overlap untuk menutup selisih lap dengan pembalap terdepan.

Baca Juga: Hasil F1 GP Abu Dhabi 2021 - Dramatis! Verstappen Juara Dunia dengan Plot Twist pada Lap Terakhir

Ini tidak menguntungkan Max Verstappen (Red Bull Racing) yang berada di posisi dua tetapi terpaut lima mobil dari Lewis Hamilton (Mercedes) di posisi pertama.

Padahal Verstappen sudah ancang-ancang menyusul Hamilton dengan mengganti ban dengan ban lunak baru saat safety car masuk.

Iring-iringan mobil bertahan hingga menjelang lap terakhir. Pada titik ini Hamilton terlihat sudah dipastikan akan menjadi juara.

Namun, keputusan kontroversial dibuat Masi dengan menginstruksikan lima pembalap di antara Verstappen dan Hamilton menutup ketertinggalan lap mereka.

Baca Juga: F1 GP Abu Dhabi 2021 - Gila! Kata Pertama Max Verstappen Setelah Jadi Juara Dunia