Panitia AFF: Karantina Elkan Baggott tidak Ada Upaya untuk Lemahkan Timnas Indonesia

By Metta Rahma Melati - Rabu, 15 Desember 2021 | 19:12 WIB
Elkan Baggott nampak ikut serta dalam pemusatan latihan timnas Indonesia di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, 10 November 2021. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo memberikan penjelasan detail terkait kondisi pemain timnas Indonesia, Elkan Baggott.

Elkan Baggott kini tengah menjalani karantina lantaran satu pesawat dengan orang yang dinyatakan positif Covid-19 dalam perjalanan udara dari London ke Singapura pada 8 Desember 2021.

Pemain keturunan asal Inggris itu menjadi salah satu pemain yang diandalkan timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020.

"Berkaitan dengan perintah karantina yang harus dijalani pemain tim nasional Indonesia, Elkan Baggott. Saya ingin memberi penjelasan bahwa Elkan tiba di Singapura pada tanggal 8 Desember dari London transit di Dubai menggunakan pesawat Emirates," ujar Suryo Pratomo.

Baca Juga: Ichsan Kurniawan Ceritakan Prosesnya Bergabung dengan Persija Jakarta

"Memang ketika Elkan tiba dan menjalani tes PCR hasilnya negatif, tetapi ada satu penumpang di pesawat tersebut yang setelah dilakukan pemeriksaan positif Covid-19 dari varian Omicron karena itu pusat nasional pengendalian penyakit menular Kementerian Kesehatan memberikan perintah karantina kepada seluruh penumpang pesawat Emirates pada tanggal 8 Desember dan salah satunya harus dialami oleh Elkan.

"Sekjen PSSI Yunus Nusi memang sudah mengirim surat meminta pengecualian kepada Elkan untuk tidak menjalani karantina karena hasil tes PCR dari Elkan yang dilakukan sejak sejak ketibaan dan tanggal 13 Desember itu hasilnya negatif," ujarnya.