Dahnil Anzar: Narasi Patriotik dan Nasional Diperlukan untuk Membuat Masyarakat Taat Prokes

By Erlangga Satya Darmawan - Sabtu, 18 Desember 2021 | 14:22 WIB
Dialog “Patuh Prokes dan Vaksinasi Wujud Bela Negara”. ( (KPC PEN)

BOLASPORT.com  –  Pandemi Covid-19 membuat sebagian besar berada dalam kondisi sulit. Akibat pandemi, banyak orang yang harus kehilangan pekerjaan maupun orang tercinta.

Maka dari itu, penerapan protokol kesehatan (prokes) harus terus dilakukan secara disiplin. Hal tersebut merupakan tindakan sederhana, tetapi bisa berdampak besar pada negara dan peradaban.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Pertahanan, Dahnil Anzar pada dialog bertema “Patuh Prokes dan Vaksinasi Wujud Bela Negara”, Jumat (17/12/2021). 

“Tak hanya itu, saling menjaga juga mencerminkan moralitas bangsa Indonesia, seperti gotong royong dan hidup bersama. Apapun yang diperbuat akan memberikan pengaruh bagi orang lain. Jadi, tindakan individual akan berdampak kolektif bagi kepentingan lingkungan dan keseluruhan. Itu yang harus selalu diingat,” ujar Dahnil dalam keterangan tertulis yang diterima Bolasport, Sabtu (18/12/2021).

Dahnil menambahkan, diperlukan juga penggunaan narasi patriotik dan nasionalis untuk mengajak masyarakat dalam mematuhi prokes.

Dengan begitu, diharapkan masyarakat menjadi lebih optimal dan memiliki kesadaran kolektif dalam menerapkan kebiasaan tersebut.

“Perlawanan terhadap Covid-19 juga merupakan bentuk perjuangan dan tindakan untuk menumbuhkan empati, simpati, dan persatuan. Jadi, jangan sia-siakan perjuangan itu. Selain prokes, lakukan juga vaksinasi,” kata Dahnil.

Hal tersebut , lanjut Dahnil, akan berpengaruh besar, terutama untuk lingkungan dan keseluruhan masyarakat. Maka dari itu, tak berlebihan rasanya jika upaya tersebut dapat dinilai sebagai tugas kemanusiaan, bela negara, dan wujud nasionalisme.

Dahnil mengatakan, bela negara dan nasionalisme telah menjadi nilai universal bagi semua negara di dunia.

Baca Juga: Prokes Timnas Indonesia Lebih Diperketat Seusai 2 Pemain Malaysia Positif Covid-19