Sependapat Park Hang-seo, Shin Tae-yong: Piala AFF 2020 Butuh VAR

By Mochamad Hary Prasetya - Jumat, 24 Desember 2021 | 18:05 WIB
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, nampak sedang memantau para pemainnya dalam pemusatan latihan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, 10 November 2021. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sependapat dengan pelatih Vietnam, Park Hang-seo terkait Piala AFF 2020 harus memakai Video Assistant Referee (VAR).

Ucapan itu disampaikan Shin Tae-yong jelang laga timnas Indonesia melawan Singapura pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu (25/12/2021).

Shin Tae-yong mengatakan seperti itu karena timnas Indonesia sempat dirugikan oleh kepemimpinan wasit saat pertandingan timnas Indonesia melawan Singapura pada leg pertama semifinal Piala AFF 2020.

Salah satu kerugiannya ketika gelandang timnas Indonesia, Ricky Kambuaya, dilanggar oleh salah satu pemain Singapura di dalam kotak penalti.

Wasit asal Korea Selatan, Kim Hee-gon, hanya memberikan tendangan bebas ke timnas Indonesia.

Padahal dalam cuplikan video ulang, posisi pelanggaran Ricky Kambuaya terjadi di dalam kotak penalti.

Baca Juga: Ini 5 Pebulu Tangkis yang pada Kejuaraan Dunia 2021

Tentu saja pelanggaran-pelanggaran seperti itu merugikan timnas Indonesia yang membutuhkan kemenangan melawan Singapura.

Laga leg pertama itu pun berakhir dengan skor 1-1.