Lorenzo Ungkap Pentingnya Jiwa pada MotoGP Saat Terpuruk di Ducati

By Delia Mustikasari - Rabu, 5 Januari 2022 | 19:40 WIB
Pembalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo, memutuskan pensiun dari MotoGP akibat cedera punggung yang dialaminya. (MOTOGP.COM )

BOLASPORT.COM - Mantan pembalap MotoGP, Jorge Lorenzo, berbicara sangat terbuka tentang titik terendah psikologis dalam karier MotoGP-nya dan panggilan penting dari manajer tim Repsol Honda, Alberto Puig sebelum kemenangan di Mugello pada 2018.

Bulan-bulan pertama pada tahun kedua di Ducati tahun 2018 sangat sulit bagi Jorge Lorenzo karena pembalap Spanyol yang sukses itu masih belum pernah menang saat mengendarai Desmosedici.

Padahal sejak balapan penutup di Valencia pada 2016, Jorge Lorenzo selalu meraih kemenangan di Mugello saat bersama Yamaha.

"Sebelum Mugello, saya sedikit tertekan karena saya mengerti bahwa saya tidak memiliki motor pabrikan untuk musim mendatang,dan saya merasa berada di momen terbaik dalam karir saya," kata Lorenzo kepada DAZN dilansir BolaSport.com dari Speedweek.

Baca Juga: Ratusan Atlet Siap Bertarung di Seleknas PBSI 2022

 "Saya melihat semuanya secara negatif dan hanya ingin tidur. Saya tidak tahu apakah itu depresi ringan atau hanya momen yang sangat menyedihkan, tetapi saya benar-benar sedih," aku Lorenzo.

Titik baliknya adalah panggilan dari Alberto Puig,yang melakukan kontak pertama dengan Lorenzo dengan maksud untuk beralih ke tim Repsol Honda.

"Dia mengalami masa-masa sulit di Ducati. Segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana dan dia mengalami masalah. Di Honda, mereka memutuskan untuk berbicara dengannya dan saya ingat pernah meneleponnya," tutur Puig.

"Kami tidak menyetujui apa pun, tetapi kami memiliki ide tentang apa yang bisa kami lakukan," kata Puig.

Pada 2019, Lorenzo benar-benar beralih ke tim karya pabrikan motor terbesar di dunia. Sekalipun kolaborasi juara dunia MotoGP tiga kali itu, dia gagal mencapai 10besar dan berakhir prematur dengan pensiunnya pemenang GP 68 kali itu setelah hanya satu musim.