FIFA Ubah Aturan Soal Peminjaman Pemain, Chelsea Tim Paling Terdampak

By Rebiyyah Salasah - Jumat, 21 Januari 2022 | 07:15 WIB
Klub Liga Inggris, Chelsea, akan menjadi klub yang paling terdampak perubahan yang dilakukan FIFA soal aturan peminjaman pemain. ( ANDREAS JOEVI/BOLASPORT.COM )

BOLASPORT.COM - Klub Liga Inggris, Chelsea, akan menjadi klub yang paling terdampak perubahan yang dilakukan FIFA soal aturan peminjaman pemain. 

FIFA telah mengumumkan bahwa peraturan baru soal peminjaman pemain sudah siap untuk diimplementasikan. 

Dalam pernyataan resminya pada Kamis (20/1/2022) malam WIB, FIFA mengatakan bahwa peraturan itu akan diajukan ke FIFA Council untuk disetujui dan mulai diterapkan pada 1 Juli 2022. 

FIFA melihat kerangka peraturan baru ini sebagai "langkah penting lain dalam konteks reformasi sistem transfer yang lebih luas, proses yang dimulai pada 2017". 

Badan sepak bola dunia ini juga mengutarakan bahwa implementasi peraturan baru awalnya dijadwalkan pada Juli 2022, tapi harus tertunda karena pandemi COVID-19.

Baca Juga: Chelsea Lupa Rasanya Menang, Thomas Tuchel Ulangi Catatan Minor di Dortmund

Lebih lanjut, FIFA mengatakan bahwa mereka punya tiga objektif inti terkait kerangka kerja ini, yakni mengembangkan pemain-pemain muda, mempromosikan keseimbangan kompetitif, dan mencegah pemborongan pemain.

FIFA menetapkan peraturan baru yang akan meliputi beberapa hal, antara lain:

  • Persyaratan perjanjian tertulis yang mendefinisikan syarat-syarat peminjaman, khususnya durasi dan syarat-syarat finansial
  • Durasi pinjaman minimum, yakni interval antara dua periode pendaftaran, dan durasi pinjaman maksimum, yakni satu tahun
  • Larangan sub-loaning atau meminjamkan pemain profesional lagi bagi pemain yang telah dipinjamkan ke klub ketiga
  • Batasan jumlah pinjaman per musim antara klub yang sama, dalam waktu tertentu selama satu musim. Sebuah klub hanya boleh punya maksimal tiga profesional yang dipinjamkan ke satu klub tertentu dan maksimal tiga profesional yang dipinjamkan dari satu klub lain
  • Batasan pada jumlah total pinjaman per musim. 

FIFA menerapkan periode transisi pembatasan peminjaman pemain tersebut demi memastikan implementasi mulus.