Seperti Liga Inggris, Pelatih Persebaya Usul Laga Ditunda Jika 5 Pemain Positif Covid-19  

By Ibnu Shiddiq NF - Sabtu, 5 Februari 2022 | 19:30 WIB
Aji Santoso Meraih Penghargaan Pelatih Terbaik Liga 1 Bulan Desember 2021 (Liga Indonesia Baru)

BOLASPORT.COM - Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso menyarankan agar pertandingan Liga 1 2021-2022 ditunda jika salah satu klub ditemui lima pemain terpapar Covid-19.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) tengah menjadi sorotan publik Tanah Air karena keputusan untuk tetap melanjutkan laga di tengah badai virus corona.

Dua pertandingan yang paling menyita perhatian adalah laga Persebaya vs PSIS Semarang dan Tira Persikabo vs Bali United.

Persebaya dan Tira Persikabo yang kehilangan hampir setengah kekuatan diipaksa tetap melanjutkan pertandingan dengan segala keterbatasan.

Kedua tim sama-sama hanya membawa sebanyak 15 pemain karena sebagian besar pemain terinfeksi Covid-19.

Baca Juga: Jelang Piala AFF U-23 2022, Timnas U-23 Indonesia Disuntik Vaksin Booster

PT LIB selaku operator kompetisi berdalih memiliki dasar hukum untuk menolak usulan penundaan pertandingan Persebaya dan Tira Persikabo

PT LIB berpegang penundaan bisa dilakukan jika klub hanya memiliki kurang dari 14 pemain karena terpapar, sesuai dengan pasal 52 Regulasi Liga 1 2021-2022 ayat 7.

Padahal, setiap klub bukan hanya ditinggal pemain karena Covid-19 tapi juga alasan lain seperti cedera, akumulasi kartu, hingga pemanggilan timnas Indonesia.

Kasus ini persis seperti yang dialami Tira Persikabo saat melawan Bali United, Kamis (3/2/2022) lalu.