Terungkap, Shin Tae-yong Minta PSSI Naturalisasi Gelandang Serang AZ Alkmaar Keturunan Maluku Tijjani Reijnders

By Bagas Reza Murti - Kamis, 10 Februari 2022 | 22:10 WIB
xco PSSI, Hasani Abdulgani memberi kode bila target naturalisasi terbaru permintaan Shin Tae-yong adalah gelandang AZ Alkmaar, ciri-cirinya mengarah ke nama Tijjani Reijnders. (TWITTER.COM/EUROPACFNLEAGUE)

BOLASPORT.COM - Exco PSSI, Hasani Abdulgani memberi kode bila target naturalisasi terbaru permintaan Shin Tae-yong adalah gelandang AZ Alkmaar, ciri-cirinya mengarah ke nama Tijjani Reijnders.

Hasil rapat antara Shin Tae-yong, PSSI dan Menpora RI Zainudin Amali menghasilkan keputusan bahwa hanya ada 2 pemain keturunan yang akan dinaturalisasi, yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Sedangkan 2 nama lainnya, Mees Hilgers dan Kevin Diks tidak jadi.

Menpora RI, Zainudin Amali menyatakan sendiri saat ditemui di Kantor Kemenpora, Jakarta Pusat, Kamis (10/2/2022).

“Saya tentu hati-hati dalam melakukan naturalisasi karena yang pernah saya sampaikan, kita naturalisasi kalau benar-benar terpaksa karena kita ingin bangun sepak nola nasional,” ujar Zainudin Amali dalam jumpa pers yang turut dihadiri BolaSport.com, Kamis (10/2/2022).

Baca Juga: Hasil Liga 1 - Penalti Carlos Fortes Bawa Arema FC Imbangi Persiraja untuk Menuju Puncak Klasemen

“Kita juga ada Inpres no 3 2019 yang mana kita utamakan pembinaan. Tapi karena ada kebutuhan timnas dan ingin memperbaiki ranking FIFA maka sekarang kami izinkan karena masih membutuhkan pemain naturalisasi,” ucapnya.

“Tetapi saya tegaskan dia harus berdarah Indonesia baik itu dari kakek atau nenek dan memang mereka dibutuhkan.”

Lebih lanjut Zainudin Amali mengaku akan membantu proses administrasi dua pemain ini agar bisa segera diproses ke DPR dan Kemenkumham pada tahap selanjutnya.