Menyongsong MotoGP Indonesia, Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Dimulai

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Minggu, 20 Februari 2022 | 10:00 WIB
Alat-alat berat telah mendarat di Sirkuit Mandalika untuk pekerjaan pengaspalan ulang di sebagian lintasan. Perbaikan ditargetkan rampung pada 10 Maret 2022. (DOK. MGPA)

BOLASPORT.COM - Panitia MotoGP Indonesia bergegas menyiapkan Sirkuit Mandalika untuk hajatan balap motor terakbar pada bulan depan.

Sirkuit Mandalika memerlukan pembenahan sesuai rekomendasi dari pembalap MotoGP, Dorna Sports, dan FIM (Federasi Motor Internasional).

Kualitas lintasan menjadi perhatian karena kemunculan kerikil-kerikil dari lapisan aspal yang tergerus.

Sejumlah pembalap mengeluhkan memar karena terkena kerikil yang dilontarkan pembalap di depan mereka dalam tes pramusim MotoGP pada 11-13 Februari lalu.

Baca Juga: Adik Valentino Rossi Sebut Sirkuit Mandalika Punya Tikungan Terbaik di Dunia

Perbaikan akan mencangkup tikungan 17 (tikungan terakhir), lintasan lurus start/finish, dan tikungan 1 sampai 5 dari lintasan sepanjang 4,3km itu.

"Kurang lebih 17,5 persen dari keseluruhan lintasan," kata Direktur PT PP, Novel Arsyad, dalam konferensi pers virtual yang dihadiri BolaSport pada Rabu (16/2/2022).

Dikutip dari Kompas.com, hampir seluruh alat-alat berat telah tiba di Sirkuit Mandalika pada Sabtu (19/2/2022) dini hari.

Perbaikan langsung diinisiasi dengan langkah pertama adalah pengelupasan lapisan aspal hingga kedalaman 4cm.