Efek Thomas Cup 2020, Shi Yu Qi Dikeluarkan dari Timnas Bulu Tangkis China?

By Delia Mustikasari - Kamis, 3 Maret 2022 | 10:00 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra China, Shi Yu Qi, berbicara di mixed zone seusai bertanding pada babak pertama Indonesia Masters 2020 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (15/1/2020). (LARIZA OKY ADISTY/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Tim bulu tangkis nasional China memiliki beberapa pemain yang merayakan ulang tahun mereka pada Februari dan pada 1 Maret.

Para pemain itu adalah Du Yue (15 Februari), He Ji Ting (19 Februari), Zhou Hao Dong (20 Februari), Zheng Si Wei (26 Februari), Huang Ya Qiong (28 Februari), Shi Yu Qi (28 Februari), Zhang Nan (1 Maret), dan Chen Yu Fei (1 Maret).

Akun media sosial resmi Asosiasi Bulu Tangkis China telah mengirimkan ucapan selamat ulang tahun untuk semua pemain di atas, kecuali tunggal putra Shi Yu Qi.

Baca Juga: Bawa Pulang Emas dan Perak, Tim Kejuaraan Beregu Asia 2022 Diganjar Bonus Rp 3,3 Miliar

Seperti dilansir dari Badmintonplanet, hal tersebut menimbulkan pertanyaan apakah ini berarti status Shi Yu Qi di tim bulu tangkis nasional China dipertaruhkan?

Penarikan kontroversial Shi pada semifinal Thomas Cup 2020 antara China dan Jepang telah merusak karier bulu tangkisnya yang dulu menjanjikan.

Shi kalah dari Kento Momota, Momota 20-22 pada pertandingan tunggal putra pertama. Saat Momota mencapai match point saat kedudukan 20-5 pada gim kedua, Shi memutuskan untuk mundur dari pertandingan.

Shi kemudian membuat pernyataan bodoh lainnya setelah pertandingan.

"Secara teknis saya tidak kalah dalam pertandingan hari ini karena saya mundur. Pada dasarnya, saya tidak kalah pada gim kedua. Skornya bukan 21, tidak masalah."

Baca Juga: Hasil Drawing Swiss Open 2022 - Tiga Derbi Indonesia, Apriyani Ditemani Pasangan Baru